23 March 2010

Kes Poligami 86 Isteri - Bukan Cara Islam


Lelaki Dengan Puluhan Isteri dan Ratusan Anak

NIGERIA — Coba Anda bayangkan bagaimana rasanya jika memiliki 86 istri dan 170 anak? Itulah yang dialami Mohammed Belo Abubakar yang menikahi 86 perempuan dan memiliki 170 anak. Kendati demikian, Belo menyarankan agar pria lain tidak mengikuti jejaknya. "Hanya karena bantuan Tuhan saya bisa mengatasi persoalan keluarga," kata Belo.

Dia mengaku, para perempuan itulah yang mendatangi dirinya dan minta dikawini. Menurut Belo, mereka minta dikawini lantaran kemampuan dirinya yang bisa menyembuhkan beragam penyakit. "Saya hanya berpikir bahwa Allah telah menakdirkan saya menjadi begini," ujar Belo, seperti dilansir Konseling.net. Sebagian besar istri-istri Belo adalah seperempat dari usianya, bahkan beberapa di antaranya lebih muda daripada anaknya sendiri. Surat kabar Nigeria ramai membicarakan Belo. Sementara itu, Belo sendiri dikabarkan setuju untuk memulangkan 82 istrinya kepada keluarga mereka karena dalam agama Islam, seorang pria hanya boleh menikahi empat perempuan asalkan dalam kondisi mendesak dan bisa berlaku adil. Namun, berita tersebut justru dibantah oleh Mohammed Tahir, juru bicara Belo Abubakar. "Belo tidak akan menceraikan istri-istrinya, bahkan Belo akan menikah lagi," ujar Tahir. Koran-koran Nigeria pun mewawancarai Belo Abubakar beberapa waktu lalu, saat dia menyatakan bahwa tidak ada ketentuan di dalam Al Quran yang berisi larangan memiliki istri lebih dari empat orang.

Dalam wawancara dengan BBC, Belo Abubakar mengemukakan bahwa Allah telah memberinya kekuasaan untuk mengontrol 86 istrinya. Meski demikian, pihak otoritas Islam Nigeria, Dewan Agung Nigeria Urusan Islam (NSCIA), mengeluarkan kecaman kepada Belo yang dianggap melakukan perbuatan syirik karena menyatakan diri dapat berbicara dengan Allah. "Sultan mendesak kaum Muslimin agar jangan menghiraukan kelakuan Belo Abubakar yang melanggar syariah Islam, yang hanya memperbolehkan seorang pria beristri empat saja," kata salah seorang anggota NSCIA. (kmp)

Berita ini dikirimkan oleh : sirajuddinabbas@yahoo.com

Ulasan Ringkas

1. Islam menghadkan poligami sebanyak 4 orang isteri sahaja. Mereka yang tiada kemampuan untuk berpoligami, tidak dibenarkan berbuat demikian. Mereka yang mampu, walaupun menampung lebih daripada 4 isteri, juga tidak dibenarkan berkahwin melebihi bilangan itu.

2. Tiada istilah syariat baru atau wahyu baru selepas kewafatan Nabi Muhammad SAW. Apa yang ada dan masih berterusan ialah ilham, yang tidak boleh dijadikan sebagai syariat.

3. Jurucakap Belo mendakwa bahawa di dalam al Quran tiada larangan berkahwin lebih daripada empat. Hakikatnya orang yang berkata seperti ini tidak belajar fiqh, dan tidak memahami isi kandungan al Quran.

4. Apa yang dilakukan (bahkan diamalkan) oleh orang Islam, tidak boleh dijadikan hujah untuk mengatakannya sebagai syariat. Melainkan apa yang telah dibenarkan oleh Baginda SAW. Contohnya sekiranya umat Islam hari ini berpakat untuk berkahwin melebihi empat, maka ia tetap dikatakan sebagai bercanggah dengan Islam.

5. Belo berkata bahawa beliau telah diberi kuasa oleh Allah untuk mengawal 86 isteri. Tetapi beliau sama sekali tidak diberi kebenaran oleh Allah untuk membolehkannya berkahwin melebihi empat.

Muhammad Mujahid bin Ir Haji Mohammad Fadzil
Fakulti Usuluddin, Jabatan Akidah dan Falsafah
Universiti al Azhar

0 comments:

Post a Comment

Artikel Popular

Dairy

 

Ibnu Ir Fadzil Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal