23 March 2010

Tembok Pemisah Gaza-Rafah Hampir Siap


sumber : hidayatullah.com

Tembok baja bawah tanah Rafah-Gaza hampir selesai, dan akan dilengkapi dengan menara pengawas baru

Hidayatullah.com--Pembangunan tembok baja di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir hampir selesai, demikian menurut laporan surat kabar Mesir Al-Shorouq Senin (15/3), yang juga dikutip beberapa media lain.

"Pekerjaan di tembok utama kurang seperempat dan dalam tahap final," demikian tulis koran itu. Jika selesai, kamera dan alat-alat pendeteksi akan dipasang.

Pengerjaannya akan memakan waktu beberapa pekan, diikuti dengan masa percobaan yang diawasi oleh para ahli Mesir dan internasional.

Menara pengawas di sepanjang perbatasan, sekarang sedang diganti dengan tower baja yang dilengkapi kaca antipeluru.

Jenderal Sameh Seif Al-Yazl, Kepala Republic's Center for Security and Political Studies, mengatakan awalnya tower tidak menjadi bagian dalam rencana.

"Kematian prajurit Ahmed Shaaban akibat tembakan orang Palestina ketika ia berada di dalam menara pengawas, membuat penguasa membangun tower-tower yang berpelindung," katanya seperti dikutip Al-Shorouq.

Mesir mengatakan, tembok pembatas dibangun untuk mencegah penyelundupan senjata. Para penyelundup selama ini menggunakan terowongan yang melintasi perbatasan untuk memasukkan barang-barang kebutuhan pokok, obat-obatan, dan senjata ke Jalur Gaza.

Para penyelundup menilai tembok pembatas itu tidak efektif, karena mereka bisa menggali terowongan lebih dalam. Dan banyak di antara terowongan yang ada sekarang ini sudah lebih dalam dari tembok, yang katanya, dibangun hingga kedalaman 20 meter itu.

Pembangunan tembok baja bawah tanah ini dilakukan Mesir dengan bantuan dana dan ahli dari pemerintah dan militer Amerika Serikat.[di/negy/www.hidayatullah.com]

link : http://www.hidayatullah.com/berita/viva-palestina/11076-tembok-baja-gaza-rafah-hampir-rampung

0 comments:

Post a Comment

Artikel Popular

Dairy

 

Ibnu Ir Fadzil Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal